VIDEO Penampakan Cumi-Cumi Raksasa Berenang di Jepang

VIDEO Penampakan Cumi-Cumi Raksasa Berenang di Jepang



Cumi-Cumi Raksasa Berenang di Jepang - Jika di malam Natal banyak orang sibuk berkumpul bersama keluarga, penduduk sekitar Teluk Toyama di Jepang justru dikejutkan dengan kemunculan seekor cumi-cumi raksasa di dekat perahu mereka.

Seekor cumi-cumi Architeuthis japonica raksasa berhasil direkam dengan dekat oleh sebuah kamera bawah air otomatis dan penyelam bernama Akinobu Kimura. Tidak jelas alasan mengapa tiba-tiba cumi-cumi tersebut mendekati daratan, namun hewan laut dalam itu tampak dalam kondisi sehat.

"Cumi-cumi itu tidak tampak terluka dan sehat, dia terus menyemprotkan tintanya dan mencoba melingkarkan tentakelnya ke tubuhku," ujar Kimura pada CNN.

Cumi-cumi yang muncul di teluk Toyama itu ternyata masih termasuk muda, karena panjangnya 'hanya' 3,7 meter. Di laut dalam dekat Jepang, cumi-cumi jenis ini panjangnya bisa mencapai 13 meter!

Setelah beberapa saat di teluk dekat dermaga, Kimura membawa si cumi-cumi kembali ke laut lepas.

"Aku menuntunnya kembali ke laut, sekitar beberapa ratus meter dari teluk, setelah itu dia berenang ke laut lebih dalam," tambah Kimura.

Kemunculan cumi-cumi raksasa disebut sering terjadi di musim tangkap ikan akhir tahun lalu yang bermula dari bulan November 2014 sampai Maret 2015. Tercatat ada 16 kali nelayan tidak sengaja menjaring si cumi-cumi. Namun untuk akhir tahun 2015, ini adalah kali pertama cumi-cumi raksasa terlihat di dekat pantai Jepang.